Mengenal Jenis Alat Tulis Kantor yang Biasa Digunakan

Alat tulis kantor biasa disebut orang dengan ATK yang digunakan untuk keperluan di dalam kantor. ATK tersebut biasanya digunakan untuk merujuk barang yang dijual oleh toko khusus yang sering disebut dengan stationary. Jenis toko tersebut biasanya terletak di dekat sekolah, universitas, dan juga tempat lainnya yang membutuhkan beragam ATK untuk menunjang keperluan di dalam tempat tersebut. ATK identik dengan barang-barang tulis seperti pulpen, buku, kertas, penggaris, dan lainnya. Akan tetapi sebenarnya ATK ini bisa dibedakan menjadi beberapa jenis tertentu sesuai dengan fungsi alat yang digunakan dalam kantor. Untuk jenis-jenis ATK sendiri dapat dibedakan menjadi lima dengan kategori seperti berikut ini:

alat tulis kantor

source: www.atkairangga.com

1.Kategori alat tulis

Merupakan jenis pertama dari ATK yang digunakan untuk kebutuhan tulis menulis. Ada banyak alat yang tersedia dari jenis ini seperti misalnya pulpen atau pena, pensil, spidol, stabilo, penggaris, penghapus, dan juga rautan. Semua hal tersebut berhubungan dengan tulis menulis sehingga termasuk dalam kategori alat yang bisa digunakan untuk keperluan tulis menulis di dalam kantor. Beragam alat tersebut mempunyai fungsi yang vital karena berhubungan dengan pekerjaan kantor sehari-hari terutama untuk mencatat hal-hal penting dan juga guna keperluan lainnya.

2. Kategori kertas

Kertas merupakan barang yang harus ada dalam kantor karena mempunyai fungsi sebagai bahan cetak untuk dokumen, surat, perjanjian, laporan, dan berbagai macam hal lainnya. Kertas yang digunakan sebagai alat tulis kantor sendiri bermacam-macam dari kertas HVS biasa berbagai ukuran, kertas foto, kertas print, kertas fax, kertas continuous form, dan macam kertas lainnya yang bisa untuk digunakan di kantor sesuai dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itulah kertas sangat dibutuhkan di dalam kantor dalam membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Kategori buku

Adalah jenis kertas yang telah disusun menjadi satu dan mempunyai banyak jenis yang bisa untuk dipilih dan digunakan sebagai penunjang pekerjaan kantor. Ada banyak jenis buku yang bisa untuk digunakan dan disediakan di dalam kantor seperti buku tanda terima tamu, buku kwitansi, buku tulis biasa, buku kas, buku folio, buku nota, buku surat jalan, hingga jenis buku ekspedisi. Semua jenis buku tersebut tentunya mempunyai kegunaan dan fungsi masing-masing yang dibutuhkan di dalam kantor. Misalnya buku kwitansi digunakan untuk bukti pembayaran dan ketika telah menerima uang dari seseorang atau buku surat jalan untuk suatu keperluan perjalanan dinas untuk karyawan.

4. Kategori file organizer

Merupakan alat kantor yang berfungsi sebagai pengelola atau wadah untuk file-file yang ada di dalam kantor. Jenis ini dibutuhkan agar membuat file di kantor menjadi lebih rapi dan tertata sehingga tidak terlihat berantakan. Untuk jenis yang termasuk dalam file organizer ada alat seperti business file, box file, ordner, binder clip, rak susu surat, expanding file, box untuk kartu nama dan macam jenis lainnya.

5. Kategori peralatan umum

Adalah jenis terakhir yang termasuk dalam alat tulis kantor yang sifatnya umum. Jenis untuk alat kantor ini adalah beragam alat yang ada dan digunakan dalam kantor dan juga tempat-tempat lainnya. Seperti misalnya stapler, perforator, cutter, stempel, kalkulator, bak stempel, dan juga termasuk alat lain yang mempunyai fungsi untuk menunjang pekerjaan kantor lebih efisien dibandingkan dengan tangan. Untuk peralatan kantor selain ATK sendiri yang dibutuhkan adalah mesin dan juga perabot kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *