Membuat Tirai Pintu Unik dari Bahan Sederhana

tirai pintu

Tirai Pintu

Tirai atau gorden umumnya diletakkan di jendela karena berfungsi sebagai penghalau sinar serta menutupi apa yang ada di dalam rumah sehingga tidak terlihat dari luar rumah. Tirai yang diletakkan di pintu umumnya memiliki fungsi sebagai penghias agar pintu tersebut menarik, pembatas antara kamar atau ruang yang 1 dengan ruang yang lain, pembeda. Tirai pintu dapat berupa tirai kain ataupun jenis tirai dari kumpulan benang secara vertical dengan tambahan atau aksesoris misalnya tirai manik.

Selain membeli tirai untuk pintu di supermarket atau di toko properti atau aksesoris, Anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan barang-barang murah meriah yang ada di sekitar Anda. Pada masing-masing pojok atas pintu sebaiknya dipaku terlebih dahulu sehingga dapat digunakan sebagai tempat untuk meletakkan kayu atau benang yang cukup kuat. Katun atau benang tersebut dapat dijadikan sebagai tempat untuk menalikan tirai sehingga dapat tergantung dengan baik.

Pertama adalah tirai dari karton atau kertas. Tirai ini menggunakan bahan utama dari karton baik yang warna putih atau yang berwarna-warni sesuai dengan selera Anda dan kertas sebaiknya pilih yang kaku agar tidak mudah rusak. Bahan dan alat lain yang dibutuhkan yaitu:

  • Gunting.
  • Koin atau jangka.
  • Double tip.
  • Lem kertas.

Cara untuk membuat tirai pintu dari kertas yaitu:

  1. Buat pola bundar atau lingkaran di kertas. Anda bisa menggunakan koin atau menggunakan jangka. Ukuran lingkaran dapat bervariasi atau dapat disamakan namun sebaiknya masing-masing ukuran memiliki pasangan agar masing-masing sisi memiliki besar yang sama.
  2. Gunting pola yang sudah Anda buat tersebut.
  3. Potong benang putih dengan panjang tertentu, misalnya hanya mencapai panjang ½ pintu kamar Anda dan jumlahnya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.
  4. Pasangkan double tip pada belakang kertas dan benang tali rekatkan sisi satunya ke pasangan lingkaran tersebut sehingga benang tertutupi.
  5. Beri jarak dari 1 lingkaran ke lingkaran lain.
  6. Susun tirai tersebut dan talikan di bagian tali atau kayu yang sudah terpasang di atas pintu.

Kedua adalah dengan menggunakan sedotan yang berwarna -warni sehingga tirai untuk pintu Anda akan terlihat lebih menarik dan unik. Bahan dan alat yang diperlukan yaitu:

  • Sedotan berwarna-warni. Banyaknya tergantung dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Benang wol.
  • Botol minuman bekas dan bagian tengahnya di lubangi agar dapat dimasuki benang.
  • Manik-manik yang ukurannya lebih besar dibandingkan lubang sedotan atau Anda dapat menggunakan bunga plastik agar terlihat lebih cantik.
  • Gunting.
  • Penggaris.

Langkah-langkah membuat tirai pintu yang terbuat dari kombinasi tutup botol bekas dan sedotan warna-warni yaitu:

  1. Bersihkan terlebih dahulu sedotan serta tutup botol yang akan digunakan. Keringkan.
  2. Potong benang sesuai ukuran tirai yang akan Anda buat, misalnya mau setinggi dari ¾ ukuran pintu atau hanya ½ ukuran tinggi pintu. Panjang benang dapat berukuran sama misalnya tingginya sama atau di variasi sehingga dapat dibentuk seperti gelombang atau setengah lingkaran.
  3. Potong sedotan dengan ukuran 5 cm atau bisa lebih atau kurang, tergantung Anda..
  4. Dibagian bawah sendiri, masukkan tutup botol pada benang agar sedotan tidak lepas saat dimasukkan.
  5. Antara sedotan yang 1 dengan yang lain dapat diberi pembatas. Seperti manik-manik atau bunga plastik.
  6. Setelah semua rangkai tirai jadi, pasangkan tirai tersebut pada kayu yang sudah Anda pasang sebelumnya di atas pintu. Rapikan dan tirai sudah bisa mempercantik pintu Anda.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *