Kue Lebaran yang Beragam Membuat Anda Bingung? Ini Tips Memilihnya!

01COOKING-DAY-COOKIES-videoSixteenByNineJumbo1600

Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Animo umat muslim untuk menyambut Lebaran sudah begitu terasa, bahkan sudah sejak jauh-jauh hari. Lebaran memang momen yang begitu membahagiakan karena setelah 1 bulan berpuasa, kemudian umat muslim bisa merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi kepada seluruh sanak saudara. Tidak lupa, persediaan menu dan kue Lebaran selalu penuh demi menyambut tamu yang datang.

Jika bagi umat muslim yang merayakan Lebaran adalah momen istimewa untuk berkumpul dengan yang tersayang, maka untuk para produsen kue, momen Lebaran ini adalah saatnya untuk meraup keuntungan dengan sebanyak-banyaknya. Lebaran selalu identik dengan kue kering sehingga permintaan akan kue selalu membludak. Kue kering ketika Lebaran dipilih karena selain rasanya yang manis dan lezat, kue ini juga lebih awet ketika disimpan lantaran bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Saat ini penjual kue kering Lebaran ini sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari supermarket, minimarket, toko-toko hingga ke pasar tradisional pun kue kering tersedia. Harga yang ditawarkan mulai dari 30 ribuan per toples nya hingga ratusan ribu rupiah sesuai jenis kue dan tingkat kesulitan dalam pembuatan. Meski begitu, ada baiknya Anda memilih dengan tepat kue yang akan dipilih sebagai sajian Lebaran nanti karena banyaknya kue yang dibuat dengan bahan berbahaya hingga kue kering yang sebetulnya sudah basi.

Untuk bisa lebih mewaspadai terhadap aksi tersebut, maka berikut ini beberapa tips untuk bisa membeli kue Lebaran dengan lebih aman dan layak konsumsi:

  • Pastikan bahwa kue yang Anda pilih tersebut memiliki label “Halal” sehingga konsumsinya terasa lebih aman dan berkah.
  • Perhatikan juga komposisi dari bahan baku kue tersebut karena bisa jadi ada bahan pengawet berbahaya yang dimasukkan di dalamnya. Bahan pengawet memang boleh saja ditambahkan, namun harus bahan pengawet khusus makanan dan komposisinya yang tepat.
  • Cek kembali tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa sehingga Anda terhindari dari kue basi yang sudah tak layak konsumsi.
  • Usahakan untuk membeli kue yang memiliki label nama perusahaan dan alamat sehingga lebih meyakinkan.
  • Kue berwarna mencolok memang lebih menggoda, namun bisa jadi bahan pewarna yang digunakan berbahaya. Oleh karena itu, hindari memilih kue yang terlalu mencolok.
  • Cek kembali bagian kemasan kue jika ada yang rusak. Meski tanggal kadaluarsa masih lama, namun apabila kemasan sudah rusak maka bisa jadi kue di dalam kemasan tersebut ada yang rusak dan cacat.

Jenis kue kering yang ada saat ini semakin beragam karena kreativitas para pembuat kue yang semakin lihai dalam mengolah bahan kue. Beberapa jenis kue yang belakangan sedang diminati diantaranya adalah cronuts yaitu kue gabungan croissant dan donat, kue putri salju yang berbahan dasar kacang dan ditaburi gula, kue nastaple yang merupakan kue nastar generasi baru karena dipadukan dengan apple crumble cake, hingga kue kabana choco yang merupakan gabungan kastengel dan pie coklat pisang sehingga rasanya semakin bervariasi di lidah.

Meski memang kue modern masa kini kerap menggoda, namun banyak juga yang lebih memilih kue Lebaran tradisional dan umum untuk disajikan seperti kue nastar, kue kacang, kue kembang mayang dan masih banyak lagi pilihan. Untuk pilihan kue nya sangat bervariasi di pasaran bisa disesuaikan dengan selera lidah Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *