Kandungan Nutrisi yang Seimbang dari Makanan Sehat

Makan merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup tanpa terkecuali, termasuk manusia. Makan adalah hal yang terpenting untuk menjaga kelangsungan hidup. Namun, kita sebagai manusia tentu tidak boleh asal dalam memakan sesuatu. Karena daya tahan tubuh manusia tentu lebih rentan daripada hewan atau tumbuhan. Sehingga untuk makan, manusia tidak dapat asal makan supaya kenyang atau hanya karena rasa enaknya saja. Diperlukan makanan sehat dan bernutrisi serta pengolahan yang higienis dan sehat pula. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari makanan yang sehat:

  1. Karbohidrat. Karbohidrat adalah zat terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam menghasilkan energi dan tenaga (kalori). Tanpa karbohidrat kita tidak bisa beraktivitas dengan baik. Namun, karbohidrat tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang besar, karena kalori diubah menjadi zat gula sehingga bisa menyebabkan diabetes.
  2. Protein. Protein yang terkandung dalam makanan sehat berfungsi untuk tumbuh kembang dan cadangan energi. Protein sangat banyak manfaatnya antara lain menjaga kesehatan reproduksi, mengurangi depresi, memelihara sel-sel tubuh, metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai cadangan energi. Protein bisa berasal dari sumber hewani maupun nabati.
  3. Vitamin. Vitamin diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan seluruh organ tubuh dan panca indera serta memelihara sistem metabolisme tubuh. Tanpa vitamin yang cukup, kita akan mengalami berbagai penyakit defisiensi vitamin. Misalkan saja jika kita kekurangan vitamin C maka kita akan mudah terkena flu atau sariawan. Atau jika kekurangan vitamin A, maka kesehatan mata kita akan terganggu.
  4. Lemak. Lemak juga seperti protein, bisa berasal dari sumber nabati maupun hewani. Lemak ini berfungsi sebagai zat pelarut vitamin serta melindungi tubuh dari panas dan dingin. Lemak yang baik adalah lemak tak jenuh. Lemak juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan, karena lemak yang menumpuk dalam tubuh akan menjadi sumber penyakit lain seperti serangan jantung.
  5. Serat. Serat berfungsi sebagai melancarkan pencernaan kita. Dalam pencernaan kita terdapat bakteri yang baik yang tugasnya adalah untuk mempertahankan kekebalan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat setiap hari maka tugas bakteri baik dalam usus akan terbantu dan menghindarkan kita dari resiko terkena wasir. Serat juga merupakan salah satu zat detoksifikasi untuk tubuh.
  6. Mineral. Mineral terbagi menjadi 2 bagian, yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah yang dibutuhkan dalam jumlah banyak misalkan sodium, kalium, kalsium, fosfor dan magnesium. Sedangkan mikromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit, misalkan zat besi, yodium, seng, tembaga, fluoride dan lain-lain. Kekurangan mineral juga dapat menyebabkan penyakit defisiensi mineral misalkan jika kekurangan kalsium maka tulang kita akan cepat keropos atau pertumbuhan anak terhambat. Begitu juga kekurangan zat besi maka kita akan mudah terserang anemia.
  7. Air. Mengapa air? Karena tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Tanpa air tentu kita akan lebih mudah dehidrasi dan mengalami gangguan kesehatan lain. Untuk itu diperlukan setidaknya 6 hingga 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Air berfungsi sebagai pelarut nutrisi makanan sehat, melarutkan zat-zat yang tak berguna serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air juga berfungsi sebagai pelumas persendian, katalistor metabolisme tubuh serta menstabilkan suhu tubuh. Air juga terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Ayo mulai sekarang kita biasakan diri mengkonsumsi makanan yang sehat untuk kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *