Kacang Almond Nan Gurih dengan Khasiat yang Beragam

Konsumsi makanan setiap harinya tentu tidak bisa dilepaskan juga dari camilan. Hal ini lantaran camilan merupakan pengisi perut di sela waktu makan besar. Dari camilan ini jugalah yang kerap membuat banyak orang mengalami kegemukan karena mengkonsumsi makanan ringan yang tidak sehat. Namun tenang saja, Anda tetap bisa makan camilan dengan tanpa rasa was-was yaitu dengan cara menggantinya dengan kacang-kacangan mulai dari kacang almond, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya.

kacang almond

Beberapa penelitian telah mengungkapkan jika rutin dalam mengkonsumsi kacang akan berkaitan langsung dengan tingginya harapan untuk hidup. Hal ini disebabkan karena adanya dugaan jika manfaat kacang salah satunya adalah untuk menurunkan resiko kematian karena berbagai penyakit. Banyak orang yang mengira jika almond saja yang memberikan manfaat, padahal hampir semua jenis kacang mampu memberikan manfaat yang hampir sama untuk kesehatan tubuh lantaran adanya asam lemak tak jenuh serta nutrisi lainnya yang terkandung di dalam kacang yang penting bagi tubuh.

Terdapat dua jenis kacang, yakni kacang yang tumbuh dalam tanah dan kacang yang tumbuh dari pepohonan. Kacang yang tumbuh di tanah misalnya kacang tanah, dan untuk kacang pohon contohnya adalah kenari, pecan, kacang mete, pistachio dan almond. Hampir semua jenis kacang ini memiliki kelebihan dengan kadar yang hampir sama tetapi konsumsinya juga harus diperhatikan dimana tidak diperkenankan untuk ada penambahan apapun sehingga manfaat kacang yang dikonsumsi tetap sepenuhnya.

Berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk menu camilan keseharian Anda:

1. Almond

Yang pertama adalah kacang almond. Kacang ini sangat baik untuk camilan jika Anda sedang dalam program untuk menurunkan berat badan sehingga Anda tetap bisa merasa kenyang karena kandungan protein serta serat yang ada di dalamnya. Bahkan jenis lemak yang dimiliki oleh kacang ini adalah sama dengan yang ada pada minyak zaitun yang mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Pecan

Kacang pecan memiliki kandungan antioksidan yang paling banyak jika dibanding kacang jenis lainnya. Di dalamnya pun mengandung vitamin yang tinggi yaitu hingga mencapai 19 vitamin. Bahkan kacang ini pun disebut-sebut dapat memperlambat munculnya penyakit saraf degeneratif yang umum terjadi lantaran pertambahan usia.

3. Kenari

Jika Anda mau mengkonsumsi kacang kenari, maka Anda bisa mendapatkan antioksidan hingga sekitar 2 sampai 15 kali lebih banyak dibanding yang didapat dari vitamin E. Kenari memang memiliki tingkat antioksidan yang cukup baik dibanding dengan kacang lainnya yang hanya setengah dari kandungan di dalam kenari.

4. Pistachio

Jenis kacang ini amat baik dalam penurunan kadar kolesterol di dalam darah karena kandungan zat yang bisa menambah tingkat antioksidan seperti beta karoten, gama tokoferol hingga lutein. Selain melindungi dari adanya LDL sebagai kolesterol jahat, pistachio ini juga sangat baik untuk mata dan kulit.

5. Kacang tanah

Kacang tanah termasuk kacang yang mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah. kandungan protein serta lemak tak jenuh di dalamnya bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kesehatan jantung.

Pastikan untuk menyediakan menu kacang-kacangan di rumah setiap harinya sebagai camilan mulai dari kacang almond, kacang tanah dan jenis lainnya sesuai selera. Namun dalam pengolahan juga perlu diperhatikan karena kacang yang diolah dengan cara digoreng pun kurang baik untuk kesehatan. Selain itu jumlahnya juga tidak boleh berlebihan karena pada kacang juga mengandung kalori.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *